Mengapa Susu berWarna Putih?


Susu adalah salah satu faktor penting bagi pertumbuhan anak dan bagi kesehatan orang dewasa. Mungkin ini tidak penting, tapi mengapa warna susu putih?

Saat ini banyak ditemukan produk susu yang dijual dalam bentuk kemasan. Ada yang rasa strawberry, rasa coklat, dll.

Tapi kita tahu, bahwa warna asli susu adalah putih. Jika susu rasa strawberry berwarna pink atau susu coklat berwarna coklat, tentunya itu disebabkan karena zat pewarna yang telah dicampurkan ke dalamnya untuk mendukung rasa susu tersebut. Akan aneh jika susu coklat berwarna pink atau sebaliknya susu rasa strawberry berwarna coklat.



Tapi mengapa susu berwarna putih?



Kalau kamu pernah mencoba memerah susu langsung dari sapi perah, kamu pasti mendapatkan susu segar yang berwarna putih.



Kandungan susu terdiri dari 87% air dan 13% zat padat seperti protein, lemak dsb. Protein yang terkandung di dalam susu disebut ‘Casein’ (todayifoundout.com).




Kembali ke pelajaran fisika. Sebuah lingkaran dengan berbagai kompisisi warna, jika diputar pada kecepatan tertentu yang muncul hanyalah warna putih. Warna-warna lain; merah, biru, hijau dll, tidak muncul, mata kita seolah-olah ditipu oleh spectrum cahaya tadi.

Protein Casein pada susu memiliki fungsi yang sama. Protein ini telah membelokkan seluruh warna yang terkandung di dalam susu secara merata sehingga secara kasat mata susu terlihat berwarna putih.


Sekarang tergantung dari jenis dan ras sapi, kambing, atau binatang lain penghasil susunya.


Terkadang susu terlihat berwarna putih kekuningan, yang disebabkan oleh kandungan Carotene yang cukup besar di dalamnya. Susu perahan sapi di peternakan daerah Jersey dan Guernsey, Amerika, berwarna putih kekuningan.


Ada pula susu terlihat berwarna putih kehijauan. Ini disebabkan oleh kandungan zat riboflavin yang cukup besar.

Tapi jujur, saya tidak tahu pasti apa warna ASI (air susu ibu), saya sudah lupa karena waktu kecil dulu saya tidak sempat memperhatikan hingga sedetail itu. Yang jelas, di Inggris sana ada yang membuat es krim dari ASI yang dijuluki 'baby gaga', meskipun masih menjadi pertentangan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. duniabetting
Distributed By My Blogger Themes | Created By ThemeXpose